Kemendag Evaluasi Pengiriman Jamaah Umrah Dalam Skema OGP

- Senin, 17 Januari 2022 | 08:59 WIB
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief saat memberikan keterangan kepada awak media. (kemenag.go.id)
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief saat memberikan keterangan kepada awak media. (kemenag.go.id)

HALLO TASIK – Kemendag atau Kementerian Agama akan mengevaluasi pengiriman jamaah umrah dalam skema OGP (One Gate Policy) atau kebijakan satu pintu.

"Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus Omicron makin berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi. Jadi kita akan melakukan evaluasi komprehensif dalam rangka evaluasi keberangkatan kemarin," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief seperti dikutip Hallotasik.com dari lapan resmin Kemendag, Senin 17 Januari 2022.

Keberangkatan jemaah umrah Indonesia sendir sudah berlangsung delapan hari sejak pemberangkatan perdana pada 8 Januari 2022.

Baca Juga: JNE Optimis UMKM Taksikmalaya Tumbuh Pesat, Ini Syaratnya

Total ada 1.731 jemaah yang telah berangkat melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta dengan menggunakan skema Kebijakan Satu Pintu atau One Gate Policy (OGP).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, skema OGP mewajibkan seluruh jemaah umrah menjalani karantina selama sehari sebelum terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta.

Setibanya di Asrama Haji Pondok Gede, mereka langsung melakukan screening kesehatan dan kelengkapan dokumen, termasuk pemeriksaan PCR standar dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Tawarkan Investasi ke Australia

Sepekan pemberangkatan umrah, skema OGP ini akan dievaluasi, termasuk dengan mempertimbangkan perkembangan virus Omicron yang di Indonesia dan Arab Saudi.

Ditjen PHU, lanjut Hilman, akan terus memfasilitasi layanan kepada jemaah umrah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Halaman:

Editor: Adhi Mawardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X